Wednesday, June 30, 2010

maya dan nyata

Sengaja banget gw kasih judul ini, karenaaa:
Menurut gw ya banyak banget orang yang tidak menjadi dirinya sendiri, misalnya mereka lebih menjadi dirinya saat berada di dunia maya atau justru jadi jaim (jaga image) di dunia maya atau sebaliknya. Gw tidak menyuruh atau memprotes mereka tentang masalah "apakah mereka mau menjadi dirinya sendiri atau tidak", dan bukan masalah juga buat gw. Di sini gw hanya mengemukakan pendapat gw aja dan mungkin sedikit memberikan saran.

Hal yang pertama harus kita tahu adalah "mengapa mereka jaim?"menurut gw dan setau gw itu karena masalah lingkungan sekitarnya, dan itu pilihan dimana dia merasa nyaman di situlah jati diri sebenarnya keluar atau karena keberanian atau kepercaya dirian mereka. Banyak banget yang bisa menjadi sebuah alasan bagaimana seseorang itu menujukan jati dirinya atau tidak.

Kenapa sih seseorang harus menujukan jati dirinya?
Nah di sini gw mulai berpendapat. Begini, menurut gw jati diri itu adalah identitas kita, penting banget karena seseorang menilai kita dari situ. Di situ juga orang tau "ohh dia begini, begitu, blalala" jadi dia tau bagaimana dia memperlakukan kita atau sebaliknya. Atau orang jadi ngga main asal nebak-nebak siapa diri kita. Gw ada contoh, jadi ada seseorang masuk ke sebuah lingkungan baru tapi sayangnya dia tidak menunjukan identitas dirinya/ jati dirinya, jadilah dia seorang yang terus tidak menjadi dirinya untuk lingkungan itu dan sayangnya lagi lingkungannya tidak memperlakukannya sebagaimana yang dia mau padahal dia orangnya menyenagkan sekali menurut saya/ jauhlah dari pribadi yang ada di lingkungan itu.

Menunjukan jati diri dan bersikap!
Yap, menurut gw di sini jati diri dan bersikap rada-rada berbeda ya tapi saling berhubungan. Pentingnya menunjukan jati diri juga harus seimbang dengan cara kita bersikap (cara kita menjunjukan jati diri kita). Kita pasti tidak selalu berada di dalam sebuah lingkungan yang situasinya sama. Di saat-saat inilah kita harus membutuhkan sikap, di mana lewat sikap (cara bersikap) itu jati diri kita bisa keluar. Jadi intinya jati diri dan bersikap adalah sepaket hehe

Nah pada intinya itulah yang ingin gw sampaikan, untuk yang merasa jaim di dunia maya, dunia nyata atau di dunia apapun lah coba lah tunjukan diri kalian sebenarnya, tidak afda ruginya kok justru bisa membuat diri kita lebih banyak teman :)

Okay, sekali lagi gw hanya memberi saran di sini dan tidak bermaksud untuk mengurui karena gw juga masih butuh guru haha

No comments:

Post a Comment